Buku: Wajah Teologi Pada Era Potmodern



WAJAH TEOLOGI
PADA ERA POSTMODERN
Tantangan Teologi Kristen Pada Era Postmodern


Teologi pada era Postmodern telah menghasilkan teologi yang keliru, secara teologis ajaran tersebut bertentangan dengan Alkitab. Akar dari Teologi Postmodern ialah Filsafat Postmodern. Teologi pada era postmodern sejatinya bertentangan dengan apa yang diajarkan dalam Alkitab. Postmodernisme berusaha untuk mengacaukan tatanan yang sudah dipercayai yaitu Alkitab sebagai sumber kebenaran mutlak. Dengan prinsip kebebasan, manusia sebagai tolak ukur dalam memaknai kebenaran. Kebenaran tergantung bagaimana manusia memahaminya, bukan berdasarkan hakikatnya sebagai kebenaran. Apa yang ditawarkan oleh postmodern sangat bertentangan dengan iman  Kristen.

Penulis buku ini memaparkan wajah teologi pada era postmodern sebagai tantangan teologi Kristen. Penulis menegaskan bahwa setiap orang Kristen harus mempersiapkan diri untuk memberi penjelasan mengenai kepercayaannya. Tugas orang Kristen adalah berusaha untuk memberikan  pertanggungan jawab pada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab tentang kepercayaannya. Sebagaimana yang ditulis dalam 1 Petrus 3:15 “Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat”.


Dr. Junior Natan Silalahi, adalah Ketua STT Hagiasmos Mission Jakarta dan dosen di beberapa STT di Jakarta seperti STT IKSM Santosa Asih Jakarta. Memperoleh gelar S1 tahun 2006 dan S2 tahun 2010 dalam bidang Teologi. Doktor Teologi diperoleh dalam bidang Teologi Sistematika pada tahun 2014. Junior Natan Silalahi juga aktif sebagai Pendeta Muda di Sinode Gereja Kristen Baithani (GKB) Cengkareng Jakarta Barat. Ia aktif menulis pada Jurnal: Voice of HAMI, Voice of The Covenant dan Santosa Asih. Sebagai Dosen, ia mengajar matakuliah Tafsir Perjanjian Lama dan Dogmatika.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDI ALKITABIAH MENGENAI KESUPRANATURALAN YESUS KRISTUS BERDASARKAN MATIUS 1:18-25

PERAN KOMPETENSI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA/I DI SD KWITANG 2 PSKD JAKARTA PUSAT

HUBUNGAN GURU PAK PROFESIONAL DENGAN PRESTASI SISWA